WeL_cOmE

WElC_OmE
FoR ViEwiNG mY BloG

Rabu, 23 Desember 2009

Microsoft Office 2010 Diuji

Tech and Gadgets | Tue, Jul 14, 2009 at 17:21 | Jakarta, matanews.com

Microsoft Office Technical Review

Microsoft Office Technical Review (zd)

Mircrosoft memberikan kesempatan melakukan pengujian kepada versi terbaru dari aplikasi Microsoft Office 2010 kepada beberapa kelompok terpilih, sebagai langkah penyempurnaan sebelum rilis resmi aplikasi tersebut yang direncanakan pada kuartal pertama tahun 2010.

Microsoft Office 2010 direncanakan untuk dirilis dalam 2 versi, yakni aplikasi desktop dan aplikasi berbasis web yang kabarnya akan dilepas secara gratis untuk digunakan. Kegiatan ‘Technical Preview’ ini ditujukan hanya untuk pengujian aplikasi versi desktop-nya.

Selama ini Microsoft Office dikenal sebagai aplikasi paling populer di dunia untuk pembuatan dokumen, materi presentasi dan data-data tabular. Dominasi mereka masih tetap terjaga, khususnya di kalangan bisnis, walaupun belakangan ini banyak muncul aplikasi-aplikasi serupa lainnya, seperti Open Office. Namun demikian, Microsoft juga tidak menutup mata dengan berkembangnya trend aplikasi berbasis web. Google telah merilis aplikasi ‘Office’ berbasis web versi mereka selama kurang lebih 2 tahun, walaupun belum terlalu banyak menarik minat kalangan korporasi.

Dengan pengembangan 2 (dua) versi Microsoft Office 2010, Microsoft harus pintar membagi fitur-fitur mana yang akan dilepas secara gratis melalui aplikasi berbasis web-nya, agar tidak memangkas pasar, dan profit, aplikasi versi desktop mereka.

Pada tahun 2007, sebenarnya Microsoft telah meluncurkan Office Live Workspace, sebuah aplikasi berbasis web yang memberikan kemampuan kepada penggunanya untuk melihat dan memberikan komentar akan dokumen yang diupload oleh pengguna lain. Tetapi aplikasi tersebut tidak menawarkan kemampuan untuk membuat dan mengubah isi file.

Aplikasi versi web dari Microsoft Office 2010 menurut rencana akan ditawarkan secara gratis kepada penggunanya, dengan pemasukan diharapkan berasal dari pemasangan iklan yang akan disisipkan di aplikasi tersebut. Microsoft juga menawarkan paket lisensi yang memungkinkan sebuah perusahaan menginstall aplikasi berbasis web tersebut di server internal mereka tanpa dikenakan biaya. Disamping itu, Microsoft juga menawarkan paket berlangganan kepada perusahaan untuk mengakses aplikasi melalui data center mereka.

Menurut rencana, Microsoft akan menawarkan ‘technical preview’ untuk aplikasi Microsoft Office berbasis web mereka pada bulan Agustus 2009. Adapun sampai saat ini, belum ada rilis resmi dari Microsoft mengenai harga aplikasi Office 2010, selain informasi bahwa aplikasi tersebut akan dirilis dalam 5 variasi suite, dimana 2 diarahkan untuk pengguna korporasi dan 3 diarahkan untuk pengguna perseorangan dan kalangan bisnis level menengah ke bawah. (*/BST)

Tidak ada komentar: