WeL_cOmE

WElC_OmE
FoR ViEwiNG mY BloG

Rabu, 23 Desember 2009

pembuatan html petunjuk sederhana

Apa PHP itu.?

PHP & MySQL adalah bahasa pemprogaman web yang mendunia, bahasanya mudah untuk dipelajari, kompatibilitas dengan berbagai macam server baik itu windows maupun unix, dan yang tak kalah penting adalah bahasa pemprogaman PHP & MySQL bersifat open source sehingga perkembangannya pun akan semakin cepat dan dapat diimplementasikan diberbagai bidang kebutuhan dalam pembuatan aplikasi hampir seluruh web developer di seluruh dunia.

PHP kepanjangan dari PHP Hypertext Processor yang dibuat oleh Rasmus Lerdorf. Sintak atau struktur PHP hampir mirip dengan bahasa pemprogaman C, Java dan Perl sehingga dengan begitu bagi mereka yang sudah mempelajari bahasa tersebut tidak akan mengalami kesulitan, selain itu bagi para pemula yang baru memulai bahasa pemprogaman web rasanya PHP turut diperhitungkan, karena pemanfaatan bahasa PHP tidak hanya sekedar untuk web dan aplikasinya tetapi sudah merambah kedunia desktop windows, namanya yaitu PHP GTK.

Berikut ini adalah contoh script sederhana PHP





Belajar PHP & MySQL






echo “Selamat belajar PHP & MySQL”;

?>





Keterangan :



HTML merupakan dasar atau tulang punggung dalam pembuatan sebuah Web. Dalam setiap file HTML akan selalu didahului dengan tag . Tag ini akan membuat web browser mencoba untuk membaca file yang ada didalam tag tersebut untuk ditampilkan dalam web browser. Pada akhir baris jangan lupa Anda harus selalu mengakhiri tag dengan . Sehingga akan kelihatan bahwa pada setiap tag HTML akan selalu :

untuk mengakhiri :

Penulisan Tag HTML adalah incasesensitive. Artinya, akan sama dengan atau .



Header akan berfungsi sebagai tanda pengenal pada halaman yang akan Anda buat. Untuk mendefinisikan header dalam tag HTML maka anda harus menambahkan dan tag di bawah tag . Dibagian ini judul text dapat diberikan dengan menambahkan (judul yang dinginkan) dan ditutup dengan .



Pada bagian body merupakan bagian dimana script PHP dapat dituliskan atau menuliskan Text – text lainnya yang tidak berhubungan dengan PHP. Untuk mendefinisikan body harus diketikan tag dan ditutup dengan tag dibawah tag header.

Kalau kita perhatikan script diatas, bahasa php dimulai dengan tanda “”, sama seperti pemprogaman web lainnya, script php ditempatkan di dalam tag HTML. Berbeda halnya dengan bahasa pemprogaman Java script, script php di olah di sisi server, ini berarti bahwa script php yang telah dibuat akan diproses terlebih dahulu di server baru kemudian ditampilkan ke client dalam bentuk html atau dalam format lainnya, dengan begitu script akan lebih aman dan meminilisasikan kesalahan interpreter browser.

PHP hampir dapat berjalan di semua system operasi seperti Windows, Unix, Linux dan variannya, Mac OS X, RISC OS dan lainnya. PHP juga Kompatibel dengan web server yang ada sekarang seperti Apache, IIS ( Internet Information Service ), Personal web server, Caudium, Xitami, Omni dan masih banyak lainnya. Dengan begitu system operasi apapun yang anda gunakan atau web server apapun yang anda gunakan php dapat berjalan dengan lancar. script php diolah di server kemudian ditampilkan ke client dalam bentuk HTML atau format lainnya, dengan tambahan berupa library, php mampu menampilkannya dalam berbagai macam format seperti gambar (image), pdf bahkan swf. Selain output diatas php juga mampu menghasilkan output berupa teks seperti XHTML dan XML.

Salah satu yang membedakan antara PHP dengan bahasa perograman lain adalah PHP mampu berkomunikasi dengan macam – macam database yang ada pada saat ini seperti :

* Adabas D
* Ingres
* Oracle (OCI7 and OCI8)
* dBase
* InterBase
* Ovrimos
* Empress
* FrontBase
* PostgreSQL
* FilePro (read-only)
* mSQL Solid
* Hyperwave
* Direct MS-SQL
* Sybase
* IBM DB2
* MySQL
* Velocis
* Informix
* ODBC
* Dan Unix dbm

Selain itu PHP juga mampu berhubungan dengan berbagai macam protocol yang ada seperti LDAP, IMAP, SNMP, NNTP, POP3, HTTP, COM dan lainnya. Fasilitas lainnya adalah soket programming, dengan fasilitas ini kita bisa membuat script php yang dapat menghubungkan komputer pada sebuah jaringan, sehingga kita bisa bertukar data. Kemudian ada juga yang namanya COBRA Extension untuk access remote objects.

Fungsi-fungsi lain PHP, diantaranya adalah :

* Bzip2 Compression Functions yaitu fungsi untuk membuat dan membaca file berformat *.zip
* ClibPDF Functions yaitu fungsi untuk membuat file pdf secara on the fly, fungsi ini hampir mirip dengan PDFlib.
* Cybercash Payment Functions, bagi mereka yang ingin membuat aplikasi yang berhubungan dengan E-Payment bisa menggunakan fungsi ini.
* DOM XML Functions
* NET Functions
* Filesystem Functions
* COM (for Windows) dengan fungsi ini kita mampu berkomunikasi antar aplikasi yang dibuat dengan standar com, maka dengan begitu kita bisa saling kirim data antar aplikasi.

Apa MySQL itu.?

MySQL adalah database yang cepat dan tangguh, sangat cocok jika digabungkan dengan PHP, dengan database kita bisa menyimpan, mencari dan mengklasifikasikan data dengan lebih akurat dan professional. MySQL menggunakan SQL language ( Structur Query Language ) artinya MySQL menggunakan query atau bahasa pemprogaman yang sudah standar di dalam dunia database.

Kelebihan MySQL diantaranya :

1. Dari segi performa, MySQL tidak bisa diragukan, pemprosesan database sangat cepat
2. Open source
3. Mudah untuk dipelajari
4. Kompabilitas dengan berbagai system operasi dan web server yang ada

VN:F [1.6.8_931]

Tidak ada komentar: